Sabtu, 18 September 2010

Reset Password BIOS

ini cerita waktu gue di lapangan punya PC user yang  gue kerjain berharap dapat japrian dari user hahaha.. PC  user yang bermasalah pada BIOSnya yaitu password..kusut kusut

Kata usernya, "Format aje bos...". Kalau begitu maunye ya udah, langsung aktifkan PC itu. Saat POST atau singkatan dari Power-On Self-Test, langsung ku tekan F2 untuk masuk setup BIOS. , setelah ntu eng ing enggggg...

cerite punye cerita, rupanya setup BIOS ntu kaga bisa gue rubah sebelum masukin kata kunci atau password yang dibuat. lebih dari 5 x gue buat hasilnye bujug dah ya..nama pc die Dell Optiplex GX 150


alhasil gue tanya sama mbah google, ternyata si mbah ngomongnye harus  me-reset password BIOS ntu. kalo ga salah gini  caran nye.. me-reset password BIOS

Yang gue ingat yaitu mencabut baterai CMOS yang mengaliri arus listrik dan tegangan ke mobo yang dipakai. Selain itu, dapat pula dengan mencabut jumper password BIOS.

2 langkah tersebut sudah gue kerjanin tetapi masih belum bisa juga. mumet ni pala ,Masalahnya apa sekarang ?. Akhirnya,  dengan berharap uang dari user  penasaran gue cari aje dari mbah google . Kata mbah .. sama saja. Lakukan 2 langkah tadi kalau tak bisa ya udah.

Di internet dengan sumber di bawah nanti, ternyata saat mencabut jumper password BIOS pada mobo, harus kita aliri listrik terlebih dahulu. Dengan kata lain cabut jumper password BIOS pada mobo tersebut lalu tutp kembali casingnya (tak ditutup kalau masih bisa aktif tak mengapa). Lalu pasang lagi kabel power PC tersebut dan aktifkan. tak lupa pula pada monitor.

Coba ente lihat di monitor setelah aktif, muncul tampilan blank hitam dan ada kursor yang berkedap-kedip. Sesaat kemudian muncul tulisan yang cukup melegakan yaitu password disabled. Restart kembali PC lalu coba masuk lagi ke Setup BIOS. Alhasil, berhasil !!!.

gue turn off lagi dan pasang kembali jumper BIOS passwordnya. Turn on lagi dan akhirnya Setup BIOS PC Dell Optiplex GX 150 bisa gue ubah. alhasil dapat deh buat ongkos pulang kerja..hehehhe

Semoga dapat bermanfaat untuk bro n sist.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar